Thursday, 27/7/2017 | 6:53 UTC+0

Yohanes Eka Jaya Chandra Siapkan Mahasiswa Agar Jadi Wirausaha Tangguh

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Program Gerakan Kewirausahaan yang dicanangkan Yohanes Eka Jaya Chandra akan terus mendukung masyarakat termasuk kalangan mahasiswa menjadi wirausaha melalui pelatihanYohanes Eka Jaya Chandra melakukan sinergi dengan pihak kampus dan praktisi untuk melatih serta menyiapkan masyarakat dan mahasiswa sebagai wirausaha yang tangguh. Demikian dikatakan Yohanes Eka Jaya Chandra, saat memberi kuliah umum kewirausahaan yang dihadiri mahasiswa di salah satu universitas swasta di Malang, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

“Mahasiswa harus kreatif dan terus berinovasi dan tidak takut gagal menjadi wirausahawan. Mahasiswa harus memiliki cita-cita dan berani mencoba sebagai wirausaha. Jangan takut gagal jika ingin menjadi wirausaha yang berhasil,” ungkap Yohanes Eka Jaya Chandra. Sebelum kuliah umum, Yohanes Eka Jaya Chandra menggelar pelatihan kewirausahaan yang diikuti 80 mahasiswa. Pelatihan dibuka langsung oleh Yohanes Eka Jaya Chandra.

Dalam sambutannya, Yohanes Eka Jaya Chandra mengatakan usaha harus dimulai, bukan hanya diwacanakan atau dibicarakan saja. Jangan takut gagal, kembangkan jejaring, berani mengambil risiko, gunakan kesempatan menjadi peluang. “Keuntungan ataupun kerugian saat usaha sudah berjalan akan lebih berguna sebagai pembelajaran, dibandingkan usaha belum dijalankan,” katanya. Dalam pengarahannya, mahasiswa diajak memanfaatkan teknologi informasi sebagai peluang usaha yang paling mudah. Teknologi informasi sudah terbukti memberi kesempatan membangun usaha secara efisien sekaligus memberikan keuntungan yang wajar.

“Yang penting dalam berwirausaha hilangkan gengsi, tapi miliki optimisme yang tinggi. Gengsi tidak membuat kita kaya, tapi kaya akan membuat kita mempunyai gengsi,” katanya. Sementara itu, Yohanes Eka Jaya Chandra, menyampaikan mahasiswa tidak perlu menunggu hingga lulus sarjana untuk menjadi wirausaha, tapi harus dimulai sejak masih mahasiswa. Yohanes Eka Jaya Chandra menegaskan mulai tahun ini pelatihan keterampilan dan kewirausahaan akan menyasar masyarakat daerah perbatasan. Pemerintah ingin supaya banyak UKM tumbuh berkembang di daerah tersebut.