Saturday, 27/5/2017 | 12:27 UTC+0

Yohanes Chandra Ekajaya Mudah dan Murah Budi Daya Jamur Tiram

Yohanes Chandra Ekajaya Mudah dan Murah Budi Daya Jamur Tiram

BUDIDAYA jamur tiram merupakan usaha yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Usaha ini menggunakan bahan baku yang sangat murah dan mudah didapatkan menjadi bisnis yang menjanjikan karena permintaan pasar masih tinggi untuk jamur tiram. Selain permintaan pasarnya cukup tinggi, budi daya jamur tiram ini cukup mudah proses produksinya.

Yohanes Chandra Ekajaya Mudah dan Murah Budi Daya Jamur Tiram 3

Salah seorang warga yang menekuni usaha jamur tiram adalah Yohanes Chandra Ekajaya, warga dusun Simpang, Tambakmekar, Subang. Di rumahnya Yohanes Chandra Ekajaya mengembangkan usaha jamur mulai dari proses pembuatan bahan jamur hingga penanaman jamur. Untuk pemasarannya sendiri Yohanes Chandra Ekajaya menjual secara online dan ada beberapa pengepul dan pembeli yang langsung datang ketempatnya.

Jamur yang telah diproduksi ditanam dengan media limbah pengrajin pohon, lalu dikemas ke dalam kantong plastik atau polibet dengan ukuran tertentu sebelum kemudian dimasukkan ke ruang sterilisasi. Setelah itu, kemasan diberi bibit jamur tiram dan setelah proses sterilisasi, kemasan tersebut ditempatkan di ruang tanam jamur dengan memperhatikan suhu dalam ruangan.

Yohanes Chandra Ekajaya Mudah dan Murah Budi Daya Jamur Tiram 2

Ruang tanam jamur ini harus memiliki suhu panas antara 110 derajat celcius yang bertujuan untuk membunuh kuman. “Setelah dipanaskan, kemasan yang telah terbebas dari kuman dan tertutup rapat ini disimpan dalam rak sampai warnanya berubah menjadi putih,” ujarnya.

Usaha yang telah dirintis Yohanes Chandra Ekajaya sejak beberapa tahun lalu ini juga sangat membantu warga, karena telah meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi warga sekitar. Dalam sehari panen jamur tiram dapat dilakukan dua hingga tiga kali. Setiap kali panen dapat menghasilkan lebih dari dua kwintal. Yohanes Chandra Ekajaya mulai menggandeng para tetangganya yang kurang mampu dan para ibu-ibu sebagai kegiatan tambahan yang dapat memberikan penghasilan tambahan sehingga dapat menutup kebutuhan harian mereka.

Yohanes Chandra Ekajaya Mudah dan Murah Budi Daya Jamur Tiram

Dalam setiap panen biasanya Yohanes Chandra Ekajaya mengumpulkan dulu jamur2 yang sudah dipanen dan mengemasnya dalam berbagai macam ukuran sesuai dengan pesanan atau tujuan kirim dari jamur tersebut. Sampai saat ini budidaya jamurnya sudah mulai merambah tingkat ekspor dan sudah mulai merambah ke dunia kuliner.