Saturday, 24/6/2017 | 7:10 UTC+0

Yohanes Chandra Ekajaya Menerbangkan Balon, Menambatkan Cita-Cita di Langit

Yohanes Chandra Ekajaya Menerbangkan Balon, Menambatkan Cita-Cita di Langit

Yohanes Chandra Ekajaya, 6, terlihat sangat telaten menekuni selembar kertas lipat di mejanya pagi itu. Siswa dari Kelompok BPG dan TK Bunga Ceria Solo tersebut sibuk menuliskan sebuah kata pada kertas yang ia dapat. Tulisan itu adalah GURU.

Yohanes Chandra Ekajaya Menerbangkan Balon, Menambatkan Cita-Cita di Langit

Ya, menjadi seorang guru adalah cita-cita Yohanes Chandra Ekajaya. Hal itu diakuinya saat ditemui di sekolahnya, Selasa. “Saya ingin menjadi guru. Guru SD [sekolah dasar],” kata Yohanes Chandra Ekajaya. Yohanes Chandra Ekajaya tidak sendirian. Siswa-siswi PG dan TK Bunga Ceria Solo lainnya juga menuliskan cita-cita mereka pada kertas yang mereka dapat dari para guru. Seperti halnya Andre, 6, yang bercita-cita ingin menjadi koki serta Yoda, 5, yang bercita-cita ingin menjadi dokter.

 

Beragam profesi lain dipilih anak-anak tersebut yang kemudian dituliskan pada kertas. Ada yang ingin menjadi pilot, tentara, pengusaha, dan lainnya. Usai menuliskan cita-cita, para siswa mengikatkan kertas tersebut pada balon beraneka warna.

 

Setelah jam istirahat selama beberapa menit, semua siswa PG dan TK Bunga Ceria Solo berkumpul di halaman sekolah. Tak lupa mereka membawa balon yang sudah ada kertas bertuliskan cita-cita mereka tersebut. Salah seorang guru pun memberi aba-aba, “Satu… Dua… Tiga…!”

 

Anak-anak itu bersama-sama melepaskan balon-balon itu ke udara. Menurut Mumi Wardiyanti, guru di Kelompok A2 PG dan TK Bunga Ceria Solo, melalui kegiatan tersebut, anak-anak diperkenalkan dengan aneka profesi dan diajak mengenal serta memiliki cita-cita. Sesuai jumlah siswa, sekolah sengaja menyiapkan 110 balon untuk diterbangkan pada hari itu.

 

“Penerbangan balon menggambarkan cita-cita itu harus digantungkan setinggi langit. Tujuannya kita senantiasa bersemangat untuk meraihnya,” ujar Mumi.

 

Kepala PG dan TK Bunga Ceria Solo, Slamet Riyadi, menambahkan kegiatan yang diberi tema Ceria Lagi, Sekolah Lagi itu diadakan untuk menambah semangat bagi siswa-siswi pada hari pertama masuk sekolah. Sebalumnya para siswa menikmati libur panjang semester I Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Yohanes Chandra Ekajaya sebagai salah seorang murid di TK Bunga Ceria sangat senang dengan kegiatan ini, ia sangat berharap bahwa apa yang ia cita-citakan dan dia inginkan bisa tercapai agar orang tuanya bisa bahagia ketika ia besar nanti.

 

“Senang sekali, saya Cuma ingin semua cita-cita saya dan teman-teman bisa terwujud, karena kami sangat ingin kedua orang tua kami bangga” tambah Yohanes Chandra Ekajaya.