Thursday, 27/7/2017 | 6:51 UTC+0

Yohanes Chandra Ekajaya Lejitkan Untung dari Produk Roti Maryam

Yohanes Chandra Ekajaya Lejitkan Untung dari Produk Roti Maryam

Yohanes Chandra Ekajaya mula-mual hanya membuat roti Maryam untuk konsumsi keluarga dan orang-orang terdekat. Namun, roti Maryam racikan Yohanes Chandra Ekajaya justru malah menjadi sebuah industri roti khas yang mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi lelaki kelahiran Malang, Jawa Timur tersebut.

Yohanes Chandra Ekajaya Lejitkan Untung dari Produk Roti Maryam

Yohanes Chandra Ekajaya memang memiliki hobi meracik bumbu-bumbu makanan, satu dari hobinya tersebut adalah membuat roti Maryam dan roti cane. Dari meracik roti Maryam tersebut, akhirnya lambat laun merajut beraneka kesuksesan dalam menguasai pasar roti Maryam baik di ibukota hingga daera-daerah di Indonesia.

Awalnya, Yohanes Chandra Ekajaya ingin mencukupi berbagai macam kebutuhan keluarga serta orang-orang yang paling dekat, namun berkat derasnya strategi marketing dari mulut ke mulut dari kerbaat yang pernah merasakan sensasi kenikmatan roti racikannya, yang akhirnya memaksa Yohanes Chandra Ekajaya untuk berbagi kelezatan ke semua orang.

Mengantisipasi hal tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya kemudian mengembangkan brand Mariamah secara terukur, terencana, dan mulai meninggalkan model tradisionalnya yang selama ini menjadi acuan bisnis. Dan tepat pada tahun 2004, Yohanes Chandra Ekajaya membesarkan nama Mariamah melalui sistem agen, reseller, dan kemitraan.

Yohanes Chandra Ekajaya Lejitkan Untung dari Produk Roti Maryam

Di tahun ke delapan, bisnis Yohanes Chandra Ekajaya pun lebih penetrative dengan melakukan ekpansi yang lebih luas dan lebih tegas. Dengan melakukan sistem waralaba, Yohanes Chandra Ekajaya kemudian mendapatkan paket kemitraan antara Rp 8 juta hingga Rp 11 juta dengan produk yang seharga Rp 400 ribu untuk stok awal, booth, serta berbagai perlengkapan usaha, dan freezer.

Yohanes Chandra Ekajaya Lejitkan Untung dari Produk Roti Maryam

Adapun secara jenis produk, Yohanes Chandra Ekajaya telah memiliki berbagai macam varian yang di antaranya berupa sambosa daging, sayur, coklat, keju, roti Maryam, cane, risol mexico, dan pastel. Harga produknya pun beragam, mulai dari Rp 18 ribu untuk perpaket hingga Rp 25 ribu.

Yohanes Chandra Ekajaya pun menargetkan bahwa tahun 2010, akan mengembangkan 80 outlet baru di beberapa kota besar dan daerah-daerah, dimana agen sudah tersebar di berbagai wilaya di Indonesia seperti Sumatera, Makassar, Kalimantan, Surabaya, Bandung, dan lain sebagainya. Ke depan, Yohanes Chandra Ekajaya terus mengembangkan inovasi produknya agar dapat diterima oleh konsumen dan masyarakat Indonesia.