Monday, 29/5/2017 | 5:03 UTC+0

Yohanes Chandra Ekajaya – KAIBON BANTEN

yohanes chandra ekajaya

YOHANES CHANDRA EKAJAYA – KAIBON BANTEN INDONESIA

Yohanes Chandra Ekajaya kali ini akan mengangkat sebuah artikel dengan mengupas tentang KAIBON BANTEN INDONESIA, saksi kejayaan kerajaan memiliki kata yang berasal dari keibuan yang menjadi Kaibon.

Yohanes Chandra Ekajaya - Kaibon Banten by Asis Mustofa

Yohanes Chandra Ekajaya – Keraton Kaibon adalah salah satu cagar budaya yang terletak di Kawasan Banten Lama. Tepatnya di Kampung Kroya, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen. Keraton ini dibangun pada tahun 1815 dan menjadi keraton kedua di Banten setelah KeratonSurosowan.

Yohanes Chandra Ekajaya - Keraton Kaibon oleh Asis Mustofa

Keraton Kaibon ini dihancurkan oleh pemerintah belanda pada tahun 1832, bersamaan dengan keraton Surosowan. Asal muasal penghancuran keraton, adalah ketika Du Puy, utusan Gubernur Jenderal Daen Dels meminta kepada Sultan Syafiudin untuk meneruskan proyek pembangunan jalan dari Anyer sampai Panarukan, juga pelabuhan armada Belanda di Teluk Lada (di Labuhan). Namun, Syafiuddin dengan tegas menolak. Dia bahkan memancung kepala Du Puy dan menyerahkannya kembali kepada Daen Dels yang kemudian marah besar dan menghancurkan Keraton Kaibon.

yohanes chandra ekajaya - Kaibon by Asis Mustofa

Yohanes Chandra Ekajaya – Di bagian depan keraton dibatasi dengan gerbang yang memiliki 5 pintu. Arti angka lima ini mengikuti jumlah shalat dalam satu hari yang dilakukan umat muslim. Gerbang yang bergaya Jawa dan Bali ini memiliki ketinggian 2 meter dengan bentuk candi bentar sebagai motifnya. Gerbang ini disebut juga dengan sebutan gerbang bersayap. Pada satu gerbang terdapat pintu paduraksa yang menghubungkan bagian depan dengan ruang utama keraton.

Baca Juga : Johanes Chandra Ekajaya – Warga Tolak Pengeboran Lapindo

Yohanes Chandra Ekajaya - Kaibon by Asis Mustofa

Yohanes Chandra Ekajaya - By Asis Mustofa

kaibon4

yohanes chandra ekajaya - By Asis Mustofa

Yohanes Chandra Ekajaya - By Asis Mustofa

Yohanes Chandra Ekajaya - Kaibon by Asis Mustofa

Yohanes Chandra Ekajaya - Kaibon by Asis Mustofa

Saat ini, puing reruntuhan Keraton Kaibon menjadi saksi tentang kejayaan Kerajaan Banten Lama. Walaupun hanya berupa reruntuhan dan pondasi-pondasi bangunan, tidak membuat pengunjung berhenti mengunjungi cagar budaya di Provinsi Banten ini.

Foto dari Asis Mustopa, Photographer Banten Indonesia

asis mustofa

facebook : https://www.facebook.com/A4515M

instagram : https://www.instagram.com/asis.mustopa/