Thursday, 27/7/2017 | 6:52 UTC+0

Yohanes Chandra Ekajaya Ekspansi Pasarkan Produk Gula Semut

Yohanes Chandra Ekajaya Ekspansi Pasarkan Produk Gula Semut

Yohanes Chandra Ekajaya kali ini melebarkan sayap bisnis kulinernya, kali ini Produk Gula Semut menjadi bisnis kuliner yang ingin dikembangkan. Alasan yang beraneka ragam yang hasilnya membuahkan peluang yang mampu dimanfaatkan dan menjadi sebuah kesuksesan nantinya.

Yohanes Chandra Ekajaya Ekspansi Pasarkan Produk Gula Semut 2

Pengusaha sukses satu ini, sama sekali tidak ingin dan tertarik tentang bisnis gula semut secara langsung. Namun, karena suatu kondisi dan kerpihatinan tak sengaja Yohanes Chandra Ekajaya bertemu dengan komunitas petani Gula Semut. Mereka banyak mengeluh soal pemasara Gula Semut yang masih sangat kurang diketahui oleh masyarakat sehingga mengakibatkan daya beli masyarakat masih rendah.

 

Di suatu desa tersebut, mayoritas masyarakat bekerja sebagai buruh untuk industry pembuatan gula kelapa. Mereka harus mengambil air nira setiap pagi dan sore yang merupakan bahan baku pembuatan gula kelapa. Namun yang membuat semakin miris Yohanes Chandra Ekajaya aalah setelah mereka bekerja keras untuk mengambil dan mengolah gula kelapa penghasilan yang didapat masih snagat rendah jika dibandingkan beban nya.

Yohanes Chandra Ekajaya Ekspansi Pasarkan Produk Gula Semut

SIapa sangka Yohanes Chandra Ekajaya justru mendapatkan inspirasi untuk membangun bisnis Gula Semut dari keprihatinan melihat fakta yang ada. Dengan berbekal rendah kalori, produk gula semut bisa menjadi alternatif yang tepat sebagai pengganti gula kelapa Apalagi Gula Semut rendah akan kalori dan gula yang baik bagi penderita diabetes atau untuk mendukung program diet.

 

Dari situlah mulai perjalanan bisnis Gula Semut Yohanes Chandra Ekajaya berawal, secara umum bisnis yang dijalankan adalah dengan memasarkan produk Gula Semut dari para petani yang ada dikawasan tempat tinggalnya. Jika tadinya produk Gula Semut hanya di ekspor ke luar negri, kali ini Yohanes Chandra Ekajaya mulai memperkenalkan Gula Semut kepada masyarakat lokal tentang kelebihan Gula Semut itu sendiri agar masyrakat mulai tertarik mengkonsumsi Gula Semut.

 

Respon yang sangat baik didapatkan setelah beberapa saat mengenalkan produk Gula Semut kepada masayrakat lokal. Banyak masyarakat yang tertarik dan mencoba khasiat Gula Semut, Namun yang masih menjadi kendala saat ini, Produk Gula Semut masih belum bisa dipasarkan di minimarket modern padahal di sisi kualitas produk Gula Semut ini sebenarnya berkualitas dan mampu bersaing dengan brand besar lainya.

 

Saat ini produksi Gula Semut bisa mencapai 300 – 400 bungkus pebulanya. Yohanes Chandra Ekajaya setiap bulanya mampu mengantongi omset keuntungan hingga 5 juta per bulan. Yohanes Chandra Ekajaya berjanji akan terus memaksimalkan pemasaran Gula Semut dan meningkatkan pendapatan para petani Semut.