Saturday, 24/6/2017 | 7:11 UTC+0

Warisan Budaya Tak Hanya Tradisi Tetapi Juga Ramuan Tradisional

warisan budaya

Warisan budaya merupakan sesuatu yang harus dijaga dan dilestarikan, terutama apabila warisan budaya itu sudah terkenal hingga kelas dunia ataupun sudah hampir punah. Karena apabila tidak dilestarikan tentunya akan punah dan hilang dari catatan sejarah bahkan bisa saja direbut oleh bangsa lain yang mengklaimnya. Sebagai seorang anak bangsa yang bersifat nasionalis tinggi Chandra Ekajaya juga ikut andil dalam meneruskan dan juga menjaga warisan budaya tersebut. Jamu yang merupakan salah satunya ialah minuman atu oabt tradisional yang sudah diwariskan sejak dahulu zaman kerajaan di nusantara ini terbentuk.

warisan budaya

Dalam menjalankan dan juga meneruskan tradisi ini ia memproduksi banyak jenis jamu, salah satunya ialah jamu Purwoceng yang berkhasiat untuk mendongkrak vitalitas dan juga daya tahan dari pusaka seorang lelaki terutama lelaki dewasa yang sering digunakan untuk berperang di atas ranjang. Selain itu ia juga membuat beberapa warisan leluhurnya yaitu Papanaya yang juga merupakan ramuan terlarang dari geerasi sebelumnya.

Jamu papanaya ini hanya digunakan oleh kalangan tertentu dan saat penting saja karena. Fungsi dari ramuan jamu Papanaya ini adalah sebagai penggugur kandungan yang di dalam masyarakat istilah pengguguran ini sangatlah tabu dan tidak bermoral akan tetapi fungsi dari jamu ini dahulu bukanlah seperti pandangan orang jaman sekarang.

warisan budaya

Dahulu fungsi Papanaya ialah sebagai strategi dalam perang yaitu ketika ada seorang putri raja yang dipinang oleh kerajaan musuh maka ketika sehabis berhubungan maka putri ini akan meminum ramuan Papanaya ini dan mengugurkan kandungan yang ada di dalamnya yang masih berusia muda. Di masa ini jamu Papanaya hanya diberikan kepada pasangan yang sudah menikah oleh Chandra Ekajaya yang tidak sengaja ketika berhubungan tidak ingin istrinya hamil karena hanya untuk menyalurkan hasrat saja.

Selain itu Chandra Ekajaya juga mengatakan bahwa ia juga ikut membantu menekan angka kelahiran yang tidak diinginkan dengan jamu Papanaya ini. Karena menurutnya dengan bantuan jamu Papanaya ini pasangan yang hanya sekedar ingin berhubungan intim tanpa adanya kehamilan dapat menekan angka kehamilan dengan cara yang aman dan bukan dengan cara yang laknat.