Sunday, 24/9/2017 | 5:32 UTC+0

Utak-Utik Karburator Bengkel Yohanes Eka Chandra

Dalam dunia bengkel atau perbengkelan, nama-nama dan atau pun istilah-istilah mekanik sangat sering ditemui. Di Bengkel Yohanes Eka Chandra, misalnya saja saat membicarakan karburator beserta komponennya. Karburator memiliki komponen seperti jet utama, jet lambat, skup udara, udara pelimpah, jet udara utama, jarum, klep udara (cukc udara), aliran udara, dan jarum.

utak-utik-karburator-bengkel-yohanes-eka-chandra yohanes-eka-chandra-baik

Fungsi dari karburator adalah mencampur udara dengan bahan bakar -biasanya bensin-, dalam perbandingan tertentu. Dari percampuran udara dengan bahan bakar tersebut maka akan terjadi gas pembakaran yang dibutuhkan oleh mesin motor. Begitulah menurut keterangan Bengkel Yohanes Eka Chandra.

Di Bengkel Yohanes Eka Chandra, untuk melepas karburator dibutuhkan beberapa alat bantu, diantaranya adalah kunci ring, obeng mini, obeng pas, dan kunci T. Hal pertama yang harus dilakukan ialah melepas intekmanipal dan karburator dengan menggunakan kunci ring. Kemudian copot dari pembensinan menggunakan obeng (plus). Lalu baud yang menghubungkan karburator dengan filotor dilepas menggunakan obeng dan kawat gas dari karburator. Sebelum mencopot karburator, jangan lupa untuk melepas filter.

Menurut Bengkel Yohanes Eka Chandra, karburator memiliki cara kerja yang menciptakan gerak hisap. Karburator menghisap udara di luar untuk masuk ke dalam motor melalui jet atau spoyer. Dalam ilmu fisika, maka efek dari menghisap udara dari luar untuk masuk ke dalam motor melalui jet atau spoyer akan menghasilkan tekanan udara di permukaan jet dari dalam spoyer tersebut memancarkan bensin. Pacaran bensin itu sering disebut pancaran bensin atau atomisasi, sehingga menyebabkan pancaran tersebut menyerupai kabut. Hal itu dikarenakan adanya udara yang mengalir melalui saluran udara yang menuju ke masing-masing spoyer . Sehingga membuatnya mudah bercampur dengan udara, dan menjadi gas yang diperlukan oleh kendaraan bermotor. Pencampuran ini sering disebut dengan isitilah venture.

Lebih detilnya, karburator memiliki sekitar 16 bagian atau komponen. Bagian-bagian tersebut meliputi ruang pelampung, spuyer putaran tinggi spuyer langsam, skep, jarum skep, barclip, penahan bar clip, katup cuk, penahan needle yet, spuyer putaran sedang, baut udara , per skep, per baut udara, ruang ventury, dan baut setelan gas. Ungkap Bengkel Yohanes Eka Chandra.

Bengkel Yohanes Eka Chandra menjelaskan bahwa kemudian setelah filter dilepas, biasanya karburator dibuka dari mangkok karburator atau disebut float chamba. Kemudian klep/jarum pengapung atau foolter value. Fungsi dari flooter value ialah untuk mengatur masuknya bensin ke dalam mangkok karburator.

Lalu ada float atau penampungan. Fungsi dari float ialah mengatur agar bahan bakar tetap di dalam float chamba. Kemudian ada skep atau thorottler value. Bengkel Yohanes Eka Chandra menjabarkan bahwa fungsi thorottler value untuk mengatur banyaknya gas yang masuk dalam silinder.

Berikutnya adalah pemancar jarum atau main nozzle, yang memancarkan jumlah gas yang masuk ke dalam silinder. Lalu ada jarum skep atau jet neddle yang fungsinya untuk mengatur pancaran/semprotan bensin dari main jet pada waktu kendaraan bermotor di-gas. Lalu ada main jet yang memancarkan bensin pada waktu motor di gas full. Kemudian ada pemancar kecil yang memancarkan bensin pada saat motor langsam.

Dua hal berikutnya adalah skrup gas atau air screw dan katup cuk atau choke value. Skrup gas atau air screw berfungsi untuk mengatur jumlah udara dari luar yang akan dicampur dengan bensin. Kemudian untuk katup cuk, fungsinya adalah untuk menutup udara luar yang masuk ke karburator. Sehingga gas menjadi penuh. Biasanya digunakan pada saat start.

Untuk membersikan karburator, bengkel Yohanes Eka Chandra biasanya membersihkannya dengan bensin. Bagian filter harus dibuka dulu dan dibersihkan. Untuk bagian busa filter, cukup disemprot. Bila ada yang tersumbat, biasanya di lubang main jet atau slow jet, maka harus dibersihkan dulu menggunakan kawat kecil, sehingga kotoran atau debu yang menyumbat di lubang tersebut bisa hilang.