Sunday, 24/9/2017 | 5:43 UTC+0

Perubahan Air Kolam Renang Di Olimpiade Rio, Ada Apa?

Johanes Chandra Ekajaya

Johanes Chandra Ekajaya

Misteri perubahan warna pada kolam renang Olimpiade Rio untuk perlombaan lompat indah masih ramai diperbincangkan. Air kolam renang yang semula berwarna biru terang mendadak berubah warna menjadi kehijauan.

Menurut Tonia Couch, salah satu atlet loncat indah dari Inggris mengatakan, Ia belum pernah terjun di air seperti ini (berwarna hijau). Perubahan warna kolam renang yang mendadak berubah menjadi hijau membuat para atlet lompat indah kesulitan untuk melihat rekannya di dalam air.

Perubahan warna menjadi hijau itu amat tidak biasa dan sempat ada yang melontarkan lelucon bahwa Shrek (tokoh kartun Disney) masuk ke kolam tesebut. Ada juga yang beranggapan bahwa warna air kolam yang berubah menjadi hijau sengaja dibuat untuk meniru warna dominan bendera Brasil. Bahkan ada yang menyebut panitia penyelenggara lalai karena tidak memberikan zat klorin yang lazim untuk perawatan kolam hingga lumut tumbuh subur didalam kolam.

Panitia Olimpiade 2016 akhirnya angkat bicara. Ia menjelaskan bahwa perubahan warna kolam yang semulanya berwarna biru menjadi hijau disebabkan oleh perkembangbiakan alga yang disebabkan karena cuaca panas dan kurangnya angin di lokasi perlombaan sehingga air kolam renang yang hijau saat ini tidak ada resiko yang membahayakan bagi para atlet.