Monday, 25/9/2017 | 9:47 UTC+0

Pangeran Ali Siap Maju di Pemilihan Presiden Baru FIFA

johanes chandra ekajaya

johanes chandra ekajaya – Pangeran Ali bin Al Hussein asal Jordania akan mengajukan diri pada pemilihan presiden yang baru untuk badan tertinggi sepak bola dunia, FIFA. Ini akan dilakukan setelah Sepp Blatter mengumumkan dirinya mengundurkan diri dari FIFA, Selasa (2/6/2015).

johanes chandra ekajaya
“Untuk pemilihan yang baru, Pangeran Ali telah siap,” ujar Sala Sabra, wakil presiden federasi sepak bola Jordania yang dipimpin oleh Pangeran Ali, kepada AFP, Selasa (2/6).

Sabra menambahkan bahwa sang Pangeran juga siap untuk menduduki jabatan presiden secepatnya jika mereka memintanya.

Pangeran Ali sebenarnya sudah berusaha “menjegal” Blatter dalam pemilihan yang berlangsung Jumat (29/5). Sayang, Pangeran Ali kalah suara saat itu dan dia pun memutuskan untuk mundur beberapa saat menjelang dilakukan putaran kedua, sehinggaBlatter secara otomatis menjadi presiden untuk kelima kalinya secara berturut-turut.

Sejatinya, proses pemilihan ini harus berlangsung hingga putaran kedua karena pada putaran pertama tak ada kandidat yang mendapatkan dua pertiga dari total 209 voter. Blatter, yang sejak awal diperkirakan bakal menjadi pemenang mendapatkan 133 suara dan Pangeran Ali 73 suara – artinya ada tiga suara yang tidak memilih.

Namun, empat hari setelah terpilih, Blatter menyatakan mundur. Pengumuman itu dikeluarkan di tengah skandal korupsi yang semakin berkembang, menyusul tertangkapnya enam pejabat tinggi FIFA saat kongres sedang berlangsung pekan lalu.

By : Johanes Chandra Ekajaya