Wednesday, 28/6/2017 | 8:52 UTC+0

Menu Makanan Buka Puasa: Resep Bubur Ketan Hitam

yohanes chandra ekajaya

Sudah saatnya berbuka puasa? Wah, pasti Anda sudah langsung membayangkan apa saja kira-kira makanan yang akan memenuhi menu buka puasa Anda nanti. Bagi Anda yang ingin menyantap makanan ringan atau kudapan terlebih dulu, ada beberapa alternatif yang bisa Anda coba. Di antaranya, kolak pisang yang sangat legendaris sebagai menu pembuka puasa, bubur sumsum, es teler, setup pisang, atau bubur ketan hitam. Hmm, jika Anda tertarik dengan pilihan terakhir, kebetulan sekali. Kali ini kami akan membahas mengenai resep bubur ketan hitam bikinan rumah sebagai pilihan menu makanan buka puasa. Jika Anda sudah bosan dengan kolak atau sajian es yang terlalu dingin, bubur ketan hitam dapat menjadi pilihan.

Bubur-Ketan-Hitam-1024x768

Bahan-Bahan Bubur Ketan Hitam:

-100 gram beras ketan hitam, direndam selama kurang lebih 2 jam, ditiriskan

-2 liter air

-1/2 sdt garam

-gula pasir secukupnya

-2 lembar daun pandan, ikat simpul

Bahan-Bahan Saus Santan:

-400 ml santan kental, terbuat dari 1 butir kelapa parut

-2 lembar daun pandan, ikat simpul

-garam secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam membuat menu makanan buka puasa yang enak ini adalah merebus beberapa bahan di dalam panci. Masukkan semua bahan untuk bubur ketan hitam ke dalam panci, kecuali gula pasir, kemudian rebus semua bahan hingga setengah matang dan menjadi kental. Jangan lupa untuk terus mengaduk adonan perlahan saat memasak.
  2. Berikutnya, masukkan gula pasir, kemudian masak kembali sambil diaduk perlahan dan hingga adonan matang serta kental sempurna. Angkat dan tiriskan. Bubur ketan hitam Anda sudah jadi!
  3. Kini saatnya membuat kuah santan yang gurih untuk dipadukan dengan bubur ketan hitam. Pertama, rebuslah semua bahan untuk membuat kuah santan yang telah disiapkan sebelumnya. Masak semua bahan tersebut hingga mendidih dan matang. Matikan kompor dan angkat, lalu tiriskan.
  4. Saatnya menyajikan bubur ketan hitam Anda! Masukkan terlebih dulu bubur ketan hitam ke dalam mangkuk cantik, kemudian siram bubur Anda dengan kuah santan secukupnya sesuai selera. Bubur ketan hitam Anda pun sudah siap untuk disantap!

Tips:

-Jika Anda ingin memperoleh hasil masakan yang lebih sempurna lagi, jangan lupa untuk selalu mengaduk ketan saat memasak, dari awal hingga akhir, secara konsisten. Hal ini dilakukan supaya ketan tidak lengket di dasar panci dan dapat menghasilkan rasa serta aroma yang gosong saat sudah matang.

-Kata siapa bubur ketan hitam harus selalu disajikan hangat-hangat? Tidak juga! Sebagai variasi, sajikan bubur ketan hitam Anda saat dingin, yang sebenarnya lebih nikmat untuk sebagian orang. Setelah bubur ketan hitam dan saus santan Anda matang, biarkan dingin sebentar, kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup, dan simpan di dalam lemari es selama beberapa menit. Keluarkan saat hendak dihidangkan dingin!

-Untuk variasi, Anda dapat menambahkan beberapa potongan buah seperti buah nangka atau pisang ke dalam bubur. Tambahkan saat bubur sudah matang, ya.

Jadi, tak harus membeli untuk dapat menyantap bubur ketan hitam di rumah, bukan? Resep menu makanan buka puasa di atas dapat Anda masak dengan waktu 10 menit saja, namun membutuhkan waktu persiapan hingga 2 jam, yaitu untuk merebus ketan hitamnya. Jadi, Anda dapat merebus ketan hitamnya terlebih dulu di siang hari, untuk kemudian diolah menjelang buka puasa. Oh iya, jika Anda ingin menyajikannya dingin seperti di tips, masukkan bubur ketan hitam dan saus santan Anda di dalam lemari es kira-kira setengah hingga satu jam sebelum waktunya berbuka puasa. Jangan letakkan di dalam freezer, ya! Bisa-bisa saus santan Anda membeku dan tak begitu enak lagi untuk dimakan karena akan mencair.