Saturday, 24/6/2017 | 7:11 UTC+0

Keju Mozarella Lokal Yang Tak Kalah Populer

keju mozarella

Keju mozarella yang merupakan hasil olahan yang berasal dari susu ini sudah dikenal banyak kalangan karena manfaatnya. Berawal dari sebuah penelitian tentang keju jenis mozarella, seorang pengusaha susu murni di Malang, Jawa Timur sukses membuka usaha pabrik olahan susu yang memproduksi keju dan yoghurt. Di tangan kreatif Hamdani, hasil penelitian tentang produk olahan susu yaitu keju mozarelladibawanya ke aplikasi bisnis nyata dan berbuah usaha yang menjanjikan.

Dalam 4 tahun terakhir permintaan keju mozarella produksi Hamdani terus meningkat. Menurut pria kelahiran kelahiran tahun 1960 ini, permintaan keju perbulan mencapai 300-400 kg. “Bahkan pernah dalam sebulan ada permintaan hingga mencapai 1 ton, sehingga hari minggu pun pabrik tetap produksi,” jelas pria asli Nganjuk Jawa Timur ini.

Dalam sekali proses produksi, mesin pengolahan milik Hamdani mampu memproduksi 90 hingga 100 kg keju mozarella yang berasal dari 800 liter susu. Per kg keju hasil produksinya dihargai Rp 65.000, dengan harga susu sekitar Rp 4.000 per liter. Pasar keju mozzarella hasil produksi Purwadi ini berhasil menembus Malang Raya, Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, Bali, hingga Balikpapan.Sayangnya limbah hasil produksi keju yaitu whey belum dimanfaatkan, padahal dapat digunakan sebagai sumber protein dalam susu kemasan.

keju mozarella

Sementara produksi yoghurtnya juga cukup berkembang dan memberikan nilai tambah yang cukup tinggi pula. Dari 1 liter susu seharga Rp 4.000, apabila diproses menjadi yoghurt harganya menjadi Rp 10.000.Semua hasil produksi dari “Rumah Yoghurt” milik Hamdani ini dapat dinikmati langsung di dua outlet miliknya yang tersebar di beberapa titik di Jawa Timur khususnya kota malang.

Perjalanan bisnis olahan susu ini dimulai saat Hamdani membuka outlet susu murni di Malang pada 2007. Gaya hidup masyarakat Indonesia ala western yang berkembang belakangan ini, menjadikan outlet-outlet kuliner ala negeri barat menjamur dan keju mozarella merupakan salah satunya.

Bisnis usaha hilir Hamdani tidak hanya berhenti sampai di situ, pada 2008 ia pun mengembangkan usaha produksinya itu dengan menajalin kerjasama bisnis dengan sebuah koperasi yang sudah mempunyai nama yaitu koperasi Chandra Jaya Bersinar milik Chandra Ekajaya ini.

Hamdani mengaku bangga bisa mengembangkan usaha keju ini. bukan hanya karena usaha ini menguntungkan, namun bisa jadi perintis produk keju yang sangat jarang buatan dalam negeri. Dan dengan jalinan kerjasama yang ia jalin dengan koperasi milik Chandra Ekajaya ini, ia berharap agar hasil produksi keju lokalnya ini bisa dipasarkan hingga merata ke seluruh negeri bahkan hingga ke beberapa tetangga yang membutuhkan hasil olahannya ini.