Friday, 18/8/2017 | 11:47 UTC+0

Juventus Sempurnakan Pesta, Napoli Gagal ke Liga Champions

Johanes Chandra Ekajaya

Johanes Chandra Ekajaya – Juventus berhasil mengalahkan tamunya Napoli dengan skor 3-1 pada pertandingan terakhir Serie-A musim 2014-15 di Juventus Stadium, Sabtu (23/5/2015) WIB. Hasil ini membuat Juventus menyempurnakan pesta keberhasilannya meraih Scudetto keempat secara beruntun sedangkan Napoli harus puas finis di urutan keempat dan bermain di Liga Europa pada musim depan.

Johanes Chandra Ekajaya

Usai pertandingan ini, Juventus akan menerima medali dan trofi Serie-A. Jadi, kegembiraan tersebut menjadi lengkap dengan kemenangan di hadapan para pendukungnya.

Tuan rumah mampu unggul lebih dulu pada menit ke-13 melalui gelandangnya, Roberto Pereyra. Memanfaatkan umpan lambung dari Kingsley Coman, Pereyra yang berdiri bebas di kotak penalti menyelesaikannya dengan tendangan jarak dekat ke gawang Mariano Andujar. Skor pun menjadi 1-0.

Tertinggal, Napoli meningkatkan serangan. Lewat pergerakan Dries Mertens pada menit ke-20, pemain asal Belgia itu melancarkan tendangan dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih melintas di atas mistar gawang Gianluigi Buffon. Johanes Chandra Ekajaya

Pada menit ke 49, wasit memberikan penalti untuk Napoli, setelah Kwadwo Asamoah melakukan handball di kotak penalti. Buffon sempat menepis eksekusi penalti Lorenzo Insigne, namun dengan cepat David Lopez menyambar bola muntah dan membawa Napoli menyamakan kedudukan pada menit ke-50. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Setelah berhasil menyamakan skor, Napoli menjadi bermain lebih agresif. Mereka menciptakan peluang emas pada menit ke-70, melalui tendangan voli David Lopez. Tetapi Buffon berhasil melakukan penyelamatan gemilang.

Namun justru tuan rumah akhirnya kembali unggul pada menit ke-77, melalui Stefano Sturaro. Menerima assist Alvaro Morata, Sturaro berhasil menceploskan bola ke pojok kanan gawang Napoli. Skor menjadi 2-1.

Jelang akhir pertandingan, Juventus mendapat hadiah penalti setelah Miguel Britos dengan sengaja menanduk wajah Morata di kotak penalti. Akibatnya, Britos mendapat kartu merah dan Simone Pepe yang menjadi eksekutor penalti berhasil membawa Juventus unggul 3-1 pada menit ke-93.

Skor 3-1 pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Juventus pun berhasil menutup musim ini dengan kemenangan. Sedangkan Napoli dipastikan gagal meraih tiket ke Liga Champions musim depan.

Susunan Pemain

Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 5-Andrea Barzagli (19-Leonardo Bonucci 46), 5-Angelo Ogbonna, 20-Simone Padoin, 22-Kwadwo Asamoah; 8-Claudio Marchisio (21-Andrea Pirlo 70), 27-Stefano Sturaro, 6-Paul Pogba; 37-Roberto Pereyra (7-Simone Pepe 79); 11-Kingsley Coman, 9-Alvaro Morata

Manajer: Massimiliano Allegri

Napoli: 45-Mariano Andujar; 11-Christian Maggio, 33-Raul Albiol, 5-Miguel Britos, 31-Faouzi Ghoulam; 77-Walter Gargano (8-Jorginho 78), 19-David Lopez; 14-Dries Mertens, 24-Lorenzo Insigne (17-Marek Hamsik 67), 7-Jose Callejon; 9-Gonzalo Higuain (23-Manolo Gabbiadini 46)

Manajer: Rafael Benitez

Wasit: Luca Banti

By : Johanes Chandra Ekajaya