Thursday, 23/11/2017 | 10:52 UTC+0

Johanes Ekajaya – Resep dan Cara Membuat Sayur Bayam Spesial

yohanes chandra ekajaya

Johanes Ekajaya – Sayur bayam merupakan jenis makanan yang dinilai paling cocok untuk dikonsumsi di cuaca yang dingin, disaat sedang sakit dan flu atau disaat sedang mengandung dan menjalani program diet.

Berbagai manfaat dari sayur bayam juga diikuti oleh kekurangannya, sayur bayam akan menjadi racun bagi tubuh Anda disaat Anda mengkonsumsinya setelah lima jam setelah memasak sayur bayam tersebut, karena dari beberapa sumber dikatakan jika sayur bayam tidak baik untuk dikonsumsi setelah lebih dari lima jam sejak diolah, sayur bayam pun tidak boleh dihangatkan, sangat dianjurkan untuk langsung menghabiskan sayur bayam setelah selesai dimasak, namun jangan khawatir dan menjadi takut untuk makan sayur bayam, asalkan Anda memahami batasan yang ada, Anda akan selalu aman ketika mengkonsumsi hidangan ini.

Sayur bayam diolah dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah pilihan, pada dasarnya resep sayur bayam cukup sederhana.

Resep Sayur Bayam Spesial

resep-cara-membuat-sayur-bayam

Bahan-bahan:

o Sayur bayam yang nikmat, kuncinya terdapat pada rasa kuahnya, kuah yang lezat dari beberapa komposisi bumbu, untuk membuat sayur bayam, Anda tentu membutuhkan dua ikat daun bayam segar yang telah dibersihkan

o Agar tidak terkesan monoton dan membosankan dengan warna hijau saja, maka tambahkanlah lima buah jagung manis muda yang berkualitas baik, potong jagung manis muda menjadi beberapa bagian yang lebih kecil

o Sediakan tiga siung bawang merah

o Resep sayur bayam ini membutuhkan setidaknya, dua potong kencur

o Satu lembar daun salam

o Satu sendok makan gula merah

o Satu sendok makan garam dan jangan lupa untuk menyediakan sedikitnya empat gelas air putih

Cara Membuat Sayur Bayam

1. Setelah semua bahan tersedia, artinya semua bahan sudah siap sedia, sudah dibersihkan sampai bersih, dikupas, dipotong-potong, maka langkah awal yang harus Anda lakukan untuk membuat sayur bayam adalah menyiapkan panci untuk memasak

2. Siapkan panci berukuran sedang dan letakkan di atas kompor, nyalakan api kemudian tuangkan air, rebuslah jagung muda manis hingga menjadi matang

3. Setelah rebus matang, masukkan bawang merah, kencur serta bumbu lainnya yang sebelumnya telah Anda siapkan.

4. Semua bumbu sudah masuk dan tercampur dengan baik dengan kuah sayur bayam, maka lanjutkan dengan memasukkan daun bayam sambil diaduk.

5. Tunggu selama beberapa menit sampai daun bayam menjadi layu dan matang

6. Setelah daun bayam matang, matikan kompor dan tuangkan sayur bayam kedalam mangkuk berukuran kecil

7. Dan sayur bayam pun siap untuk dinikmati oleh seluruh keluarga

Sayur bayam termasuk pada jenis sayuran klasik yang mana telah ada sejak lama dan semakin berkembang dari masa ke masa. Daun bayam dipilih karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, selain itu daun bayam termasuk dalam jenis sayuran hijau yang kaya akan antioksidan dan serat.

Sayangnya, memasak sayur bayam tidak boleh sembarangan, sebagaimana yang telah disebutkan di atas, sayur bayam dapat menjadi racun bagi manusia apabila dalam proses pengolahannya ditemukan cara-cara yang salah. Maka dari itu, ikutilah langkah-langkah yang tertulis dalam resep sayur bayam, dan pastikan jika Anda tidak memasak sayur bayam dalam waktu yang lama, selain dapat mengurangi kandungan nutrisi, sayuran yang dimasak terlalu lama juga dapat menjadi hancur yang mana tidak akan terasa sedap ketika dinikmati, bagaimana pun juga Anda menginginkan sayur bayam yang lezat bukannya bubur sayur bayam.

oleh ; Johanes Ekajaya