Wednesday, 26/7/2017 | 12:39 UTC+0

Johanes Ekajaya – Resep dan Cara Membuat Cake Kukus Yogurt Stroberi

yohanes chandra ekajaya

Johanes Ekajaya – Variasi hidangan cake kukus tidak ada matinya, hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cake kukus sangat bervariasi dan bisa dimodifikasi dengan sangat mudah. Inovasi atau kreasi cake kukus terbaru dengan menggunakan berbagai bahan-bahan yang tersedia di dapur atau di lemari es, tidak perlu memaksakan diri untuk membuat cake blueberry jika di dalam lemari es hanya tersedia stroberi atau buah kiwi, karena kedua buah tersebut bisa diolah menjadi cake kukus buah yang lezat.

Resep cake kukus ini menekankan pada penggunaan buah stroberi dan juga yogurt. Membuat cake kukus stroberi yogurt, Anda membutuhkan beberapa buah stroberi segar atau stroberi kalengan, dan pastikan jika disaat mengocok adonan telur, Anda melakukannya dengan teknik yang tepat untuk hasil cake kukus yang lezat.

Pada umumnya, beberapa orang cenderung menghaluskan buah stroberi dengan menggunakan blender, namun kali ini Anda tidak perlu repot mengeluarkan blender, cukup dengan mencincang kasar buah stroberi, tujuannya agar tekstur buah stroberi tidak rusak secara keseluruhan.

Resep Cake Kukus Yogurt Stroberi

resep-cara-membuat-cake-kukus

Bahan-bahan:

o Siapkan 5 butir telur ayam yang disimpan dalam suhu ruang

o Siapkan 225 gram gula pasir

o Siapkan 10 gram cake emulsifier

o Siapkan 220 gram tepung terigu

o Siapkan 30 gram susu bubuk

o Siapkan 150 gram yogurt rasa buah stroberi

o Siapkan 75 ml minyak zaitun atau jika tidak ada, cukup dengan memakai minyak sayur saja

o Siapkan sepuluh buah stroberi segar yang telah dicincang atau dihancurkan kasar

Resep cake kukus untuk glaze:

o Tiga sendok makan selai buah stroberi

o Dan satu sendok makan air putih

Cara Membuat Cake Kukus

1. Siapkan sebuah loyang berbentuk tulban kemudian olesi dengan mentega serta taburi dengan menggunakan tepung terigu, lalu sisihkan.

2. Siapkan mangkuk mixer untuk digunakan mengocok telur, cake emulsifier, gula pasir hingga adonan telur mengembang dan menjadi lebih kental, kocoklah dengan kecepatan tinggi, setelah itu masukkan tepung terigu serta susu bubuk dengan langsung mengayaknya kedalam mangkuk adonan, lalu aduk adonan hingga merata dan pastikan jika spatula Anda menyentuh dasar mangkuk supaya minyak yang belum tercampur bisa tercampur dengan baik.

3. Kemudian, tambahkan yogurt buah stroberi dan minyak zaitun serta buah stroberi hancur juga jusnya, aduk kembali adonan dengan menggunakan spatula hingga adonan benar-benar tercampur merata.

4. Tuangkan adonan kedalam loyang yang sebelumnya telah dipersiapkan untuk mengukus adonan.

5. Panaskan kukusan dan tunggu beberapa saat hingga air mendidih, setelah air mendidih, masukkan loyang adonan secara perlahan-lahan dan pastikan jika adonan tidak tumpah, setelah itu tutup kukusan dan kukus adonan cake selama beberapa menit atau sekitar 50 menit dengan menggunakan api yang sedang. Agar cake kukus tidak bantat, pastikan jika Anda menempatkan kain lap di atas tutup kukusan, sehingga tidak ada air yang menetes.

6. Setelah cake kukus matang, keluarkan cake dari dalam kukusan, dan diamakan sejenak sampai cake kukus dingin, baru kemudian tempatkan cake di atas piring datar.

Hiasan dengan glaze:

1. Masukkan selai dai air kedalam sebuah panci kecil dan panaskan selama beberapa saat hingga selai dan air mengental

2. Setelah itu, masukkan selai kental kedalam kantung plastik segitaga dan ikat dengan rapat

3. Dan hiaslah cake kukus Anda sesuai dengan selera

Resep cake kukus ini cukup mudah bukan? Anda bisa membuatnya bersama buah hati Anda dan memintanya untuk membantu menghias cake.

oleh ; Johanes Ekajaya