Saturday, 24/6/2017 | 7:10 UTC+0

Johanes Ekajaya – Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut

yohanes chandra ekajaya

Johanes Ekajaya – Bubur sumsum merupakan sejenis makanan yang berbentuk bubur berwarna putih yang mana biasa dimakan bersamaan dengan kuah manis yang terbuat dari air gula merah, sedangkan bubur berwarna putih dibuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan air santan.

Bubur sumsum termasuk pada kuliner Indonesia yang mana juga bisa ditemui dengan mudah di negara tetangga, yakni Malaysia. Pada dasarnya, tidak diketahui dengan jelas asal usul dibalik makanan ini, apalagi jika mengingat penyebarannya yang meluas ke seluruh pelosok nusantara.

Disebut bubur sumsum, karena penampilannya yang tampak seperti sumsum tulang. Dalam penyajiannya, bubur sumsum ditempatkan dalam sebuah piring atau mangkuk dan kemudian disiram dengan kuah manis yang gurih karena dibuat dari gula pasir dan gula merah. Anda yang tertarik untuk mempelajari bubur sumsum dan mencoba untuk membuatnya dapat melihat contoh pembuatan pada resep bubur sumsum.

Resep Bubur Sumsum Enak

resep-cara-membuat-bubur-sumsum

Sajian bubur sumsum merupakan panganan mengenyangkan dan cocok disantap dalam kondisi hangat maupun dingin, makanan ini bisa membantu mengganjal di perut di kala Anda sedang tidak nafsu untuk menyantap makanan berat.

Fungsi bubur sumsum, hampir sama dengan bubur kacang hijau yang biasa disantap dengan ketan hitam dan kuah santan yang diencerkan. Sayangnya, panganan ini tidak bisa didapatkan dengan mudah karena sudah sangat jarang dijual, baik di pasar tradisional maupun dijual secara berkeliling oleh pedagang kue keliling.

Maka dari itu, jalan termudah yang bisa Anda lakukan untuk menikmati bubur sumsum adalah dengan memasaknya sendiri.

Bahan-bahan:

o 250 gram tepung beras

o Satu sendok teh garam

o Satu liter santan encer

Saus gula berdasarkan panduan resep bubur sumsum:

o 100 gram gula merah yang telah disisir

o Daun padan sepanjang 10 cm untuk memberikan aroma tajam dan harum

o Gula pasir secukupnya yang disesuaikan dengan selera

o 100 ml air

Cara Membuat Bubur Sumsum

1. Untuk membuat bubur sumsum yang nikmat, Anda harus memastikan jika teksturnya tidak terlalu lembek/encer sehingga ketika disiram dengan kuah tidak pecah dengan mudahnya.

2. Campur tepung dengan garam serta santan dan aduk hingga adonan menyatu dan tidak ada tepung yang menggumpal.

3. Siapkan panci untuk merebus dan masukkan adonan bubur sumsum setelah air rebusan mendidih sambil diaduk terus menerus secara merata atau sampai bubur menjadi lebih kentan dan meletup-letup.

4. Setelah bubur matang, matikan kompor dan angkat bubur lalu diamkan selama beberapa menit hingga bubur menjadi dingin

5. Setelah itu, lanjutkan dengan membuat saus bubur sumsum, langkah pertama adalah dengan mencampur semua bahan saus

6. Siapkan panci lainnya yang masih bersih dan didihkan air dengan menggunakan api yang kecil lalu masukkan semua bahan saus kedalamnya hingga mendidih dan angkat setelah matang

7. Saring saus agar remah-remah yang tertinggal tidak ikut terbawa

8. Dan terakhir sajikan bubur sumsum dengan saus gula, baik disantap selagi panas maupun dingin dengan es batu

Resep bubur sumsum ini sangatlah mudah untuk diuji cobakan bahkan oleh Anda yang belum berpengalaman dalam mengolah makanan, khususnya panganan tradisional ini. Bubur sumsum akan menjadi hidangan yang disukai olah seluruh anggota keluarga, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa yang sudah lanjut usia, karena sesuai dengan namanya “bubur” tekstur makanan ini sangatlah lembut sehingga tidak sulit untuk dinikmati dan tentunya tidak akan melukai gigi.

oleh : Johanes Ekajaya