Monday, 29/5/2017 | 3:01 UTC+0

Johanes Ekajaya – Kue Basah Khas Indonesia: Resep Kue Lapis Susu

yohanes chandra ekajaya

Johanes Ekajaya – Kue lapis adalah salah satu kue basah khas Indonesia yang sangat terkenal dan digemari. Kue lapis sendiri sebenarnya merupakan kue bolu yang lebih padat dan lebih lembab, namun karena variasinya yang memiliki banyak lapisanlah yang menyebabkan kue lapis banyak digandrungi oleh orang banyak. Kue lapis memiliki banyak sekali variasi dan versi di Indonesia, dan sepertinya masing-masing daerah di Indonesia memiliki resep kue lapisnya sendiri. Itulah sebabnya jika Anda berkeliling Indonesia, Anda dapat menjumpai berbagai jenis kue lapis yang memiliki rasa serta terbuat dari bahan yang berbeda pula.

Kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat kue lapis susu, salah satu versi kue lapis yang dikenal datang dari Kalimantan Barat, tepatnya Pontianak. Kue lapis susu ini sendiri memiliki rasa yang manis karena menggunakan susu juga di dalam resepnya. Selain manis, kue lapis susu ini pun terasa legit dan agak gurih dari penggunaan menteganya. Kue lapis susu ini bisa menjadi alternatif Anda saat ingin membuat kue basah tradisional yang sederhana namun enak. Anak-anak pun pasti akan suka dengan kue lapis susu yang rasanya manis dan sedap ini! Tak perlu berlama-lama, ini dia resep kue lapis susu dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Bahan-Bahan:

-50 gram tepung terigu berprotein rendah

-400 gram mentega

-125 gram gula pasir halus

-1/2 kaleng susu kental manis putih

-20 butir telur, bagian kuningnya saja

-1/2 sdt pasta moka atau cokelat

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep kue lapis susu adalah mengocok mentega bersama gula halus. Masukkan mentega ke dalam sebuah wadah berukuran besar, lalu masukkan gula halus, dan kocok kedua bahan hingga adonan menjadi lembut.
  2. Setelah adonan sudah menjadi lembut, masukkan telur bagian kuningnya saja satu persatu secara perlahan. Masukkan kuning telur sambil terus mengocok adonan dengan kecepatan sedang. Lakukan hingga telur habis dan aduk terus hingga adonan rata.
  3. Berikutnya, masukkan susu kental manis putih ke dalam adonan sedikit demi sedikit, dan dilakukan sambil masih terus mengocok adonan. Lakukan hingga susu kental manis habis dan hingga adonan teraduk rata.
  4. Setelah itu, masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, lalu masukkanlah dengan perlahan sambil diayak kembali agar tidak menggumpal. Masukkan tepung terigu sambil masih mengaduk adonan hingga rata.
  5. Nah, pada langkah ini Anda akan mewarnai adonan kue lapis susu Anda. Untuk membuat kue lapis dan agar terlihat terdapat beberapa lapisan, Anda harus membedakan warna adonan kue lapis yang akan dipanggang. Jadi, bagilah adonan kue Anda menjadi dua bagian, kemudian biarkan bagian adonan pertama bewarna putih, dan warnai bagian adonan kedua dengan pasta moka atau cokelat, atau warna lain yang Anda sukai. Adonan Anda pun sudah jadi!
  6. Langkah berikutnya adalah memanggang adonan kue. Sebelum itu, siapkan terlebih dulu loyang kue berukuran 22 cm persegi dengan tinggi 7 cm. Kemudian oleskan loyang kue menggunakan mentega dan berikan kertas roti di dasarnya agar adonan kue tidak lengket.
  7. Saatnya memanggang! Caranya, panggang adonan kue bewarna putih dan cokelat secara bergantian. Masukkan selapis demi selapis dengan dipanggang dulu sebelumnya. Jadi, masukkan adonan kue bewarna cokelat untuk lapisan kue pertama sebanyak 3-4 sdm, kemudian panggang dengan api atas di suhu 250 derajat Celcius selama 5 menit. Lakukan hal ini terus menerus dan bergantian dengan warna adonan yang berbeda, hingga adonan kue Anda habis dan membentuk beberapa lapisan kue yang cantik.
  8. Jika semua adonan kue lapis susu sudah habis, tunggu hingga lapisan terakhir matang, kemudian keluarkan kue dari oven. Tunggu hingga dingin sebentar, potong-potong dan kue lapis susu Anda sudah siap untuk disajikan!

 

Tips:

-Anda dapat menggunakan warna lain selain moka atau cokelat untuk variasi. Anda pun dapat membuat 3 warna berbeda untuk lapisan kue lapis susu Anda, lho! Carilah kombinasi warna yang cantik dan serasi agar kue lapis susu Anda tampak lebih menarik.

-Tekan-tekanlah setiap lapisan kue yang baru matang sebelum dimasukkan lapisan berikutnya. Hal ini dilakukan supaya setiap lapis pada kue Anda menjadi lebih padat dan terlihat rapi.

 

Cukup mudah bukan untuk membuat kue lapis susu? Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja dan voila! Kue lapis susu Anda sudah jadi! Resep kue lapis susu memang membutuhkan telur dalam jumlah banyak, apalagi yang digunakan hanya bagian kuningnya saja. Namun hal ini bisa Anda siasati dengan membuat kue-kue kering yang hanya membutuhkan telur bagian putihnya saja, seperti misalnya kue macaroon dari Perancis. Hmmm!

oleh ;Johanes Ekajaya