Saturday, 27/5/2017 | 12:24 UTC+0

Johanes Chandra Ekajaya : Lewandowski Cetak Rekor !!!!

Chandra EkajayaRobert Lewandowski sontak menjadi buah bibir sepakbola dunia setelah menceploskan lima gol sekaligus pada lanjutan Bundesliga Jerman, Selasa (22/9) malam.

Bayern Munich tertinggal satu gol dari VfL Wolfsburg saat turun minum. Sadar timnya butuh inspirasi untuk mencari titik balik, pelatih Pep Guardiola memasukkan Lewandowski. Lima belas menit babak kedua berjalan, keputusan itu membuahkan hasil mencengangkan.

Lewandowski menyamakan kedudukan pada menit ke-51. Ternyata itu baru awalnya saja. Dalam rentang waktu sembilan menit, Lewandowski sukses mencetak lima gol sekaligus! Serentetan rekor pun ia pecahkan.

Baru kali ini ada pemain pengganti yang mengemas lima gol dalam satu pertandingan Bundesliga. Lewandowski juga menjadi pemain tercepat yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Sembilan menit yang dibutuhkan striker asal Polandia itu mengalahkan rekor sebelumnya, yaitu 21 menit.

Padahal, sebelum pertandingan Lewandowski belum pernah mencetak lebih dari dua gol dalam laga kompetitif bersama Bayern.

“Saya sangat puas, ini luar biasa,” ujarnya kepada Sky. “Saya hanya bermaksud menembak bola, tak pernah memikirkan apa yang terjadi kemudian. Setelah tertinggal satu gol, kami sadar harus berbenah dan setidaknya membalas dua gol… tapi lantas lima gol, luar biasa.”

“Saya tak tahu seberapa cepat itu. Ketika di lapangan, Anda hanya fokus bermain. Setelah gol keempat, saya melihat papan skor. Baru menit ke-60 dan saya hanya berpikir, ‘Oooh’.”

“Guardiola tak perlu mengatakan apa pun. Saya tahu apa yang harus saya lakukan di atas lapangan. Tapi ini baru satu pertandingan. Kami harus memenangkan pertandingan selanjutnya. Kami adalah Bayern Munich.”

 

Chandra Ekajaya: Rekor yang dicetak bukan hanya hattrick tercepat, tapi juga 4 gol tercepat dan tentu saja 5 gol tercepat dalam waktu kurang dari 10 menit.

 

Chandra Ekajaya Lewandowski 5 gol

Chandra Ekajaya Lewandowski 5 gol

 

Selain Lewandowski ada pemain lain yang mencetak rekor dalam urusan gol disebuah pertandingan.

 

  1. Panagiotis Pontikos
    Striker yang memperkuat klub Cyprus, yang berlaga di Divisi III, Olympos Xylofagou, ini mencetak 16 gol saat menghadapi Ayios Athanasios. 16 gol itu membuat laga yang digelar Mei 2007 itu dimenangkan Olympos dengan skor gila, 24-3. Uniknya gol pertama Panagiotis dicetak saat pertandingan baru berjalan tiga menit, dan gol terakhirnya tercipta saat pertandingan tinggal menyisakan tiga menit lagi waktu normal.
  2. Stephan Staniso
    Jumlah gol yang dicetak Panagiotis, sama banyak dengan Staniso. Pemain Racing Club di Prancis ini melesakkan 16 gol saat timnya menghadapi Aubury Asturies, di Piala Prancis pada Desember 1942.
  3. Archie Thompson
    Archi mencetak 13 gol untuk Australia saat bertanding melawan tim lemah Samoa pada 2001. Di laga kualifikasi Piala Dunia 2002 yang digelar di Coffs Harbour, Australia itu, Australia menang 31-0, gol terbanyak yang terjadi dalam satu pertandingan sepanjang sejarah pertandingan internasional.
  4. Sabeq Fahmi
    Sabeq Fahmi pemain muda Indonesia yang berhasil mencetak 12 gol untuk Indonesia saat bertanding melawan tim Pakistan pada 25 Oktober 2012. Di laga kejuaraan Piala Pelajar Tingkat Asia yang digelar di Iran, Indonesia menang 25-0.
  5. Joe Payne
    Pemain Luton Town Joe Payne mencetak 10 gol ke gawang Bristol Rovers pada 1936. Peristiwa yang sudah puluhan tahun berlalu itu, masih tertera jumlah gol terbanyak dalam satu pertandingan di Liga Inggris. Dalam laga itu Luton menang 12-0.
  6. Ted MacDougall
    Pemain Boumemouth yang dijuluki SuperTed ini melesakkan sembilan gol ke gawang Margate di babak pertama FA Cup pada 1971. Boumemouth menang 11-0. Ted memang punya nama besar. Sepanjang kariernya 1967-80, dia pernah bermain untuk Liverpool, Manchester United dan West Ham, mencetak 256 gol. Torehan itu menempatkannya bersama Nat Lofthouse, Ian Rush dan Brian Clough dalam daftar England’s all-time list.
  7. Ted Drake
    Drake yang bergabung dengan Arsenal pada 1934, mencetak tujuh gol saat melawan Aston Villa pada 1935. Drake sendiri yakin sebenarnya golnya berjumlah delapan, tapi gol terakhirnya yang mengenai mistar gawang dan memantul di dalam garis gawang diabaikan oleh wasit.
  8. Javier Rocha
    Javier Rocha merupakan pemain asing asal Chile yang telah berpengalaman di kancah Pesepakbolaan Indonesia. Tercatat ada beberapa klub besar yang pernah dibelanya yakni Persija Jakarta, Persebaya Surabaya dan yang terakhir Persis Solo pernah mencatatkan rekor pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan yakni mencetak tujuh gol saat gelaran Copa Dji Sam Soe tahun 2005 saat membela Persegi Gianyar.
  9. Frankie Bunn
    Franki Bunn membela Oldham City saat timnya menang 7-0 atas Luton Town di babak ketiga Piala Liga pada Oktober 1989. Namanya menjadi lebih populer karena dalam pertandingan itu dia melesakkan enam gol. Sampai sekarang di turnamen itu Bunn masih bertahan dengan rekornya.
  10. Andy Cole
    Cole sempat diragukan pendukung Manchester United saat pertama datang. Tapi mantan pemain Newcastle ini perlahan membuktikan dirinya layak menyandang jersey Red Devils. Tapi salah satu momen paling mengesankan ialah ketika dia menjadi pemain pertama di Premier League yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Prestasi itu ia goreskan saat Red Devils menang 9-0 atas Luton Town pada 1995.
  11. Alan Shearer
    Alan Shearer ialah salah satu legenda Inggris, karena pernah menjadi pemain tersubur di Premier League. Ya, tak ada yang meragukannya. Tapi orang juga perlu tahu bahwa ia pernah menyarangkan lima gol dalam satu laga ketika Newcastle United menghajar Sheffield Wednesday 8-0 pada 1999 di Premier League. Fatal bagi Sheffield, kekalahan itu membuat mereka terdegradasi.
  12. Jermain Defoe
    Tottenham mempermalukan Wigan Athletic dengan skor 9-1. Jermain Defoe menjadi salah satu aktor antagonis bagi Wigan, karena mencetak lima gol. Gilanya, semua gol itu dia cetak di babak kedua.
  13. Dimitar Berbatov
    Dimitar Berbatov menambah panjang daftar pemain yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Gol-golnya itu menentukan kemenangan Manchester United atas Blackburn Rovers, pada laga yang digelar Sabtu 27 November 2010.
  14. Lionel Messi
    Lionel Messi membuat Bayer Leverkusen tak berdaya di babak 16 besar Liga Champions musim lalu. Striker Argentina ini membobol lima kali gawang Leverkusen, dalam kemenangan Barcelona 7-1 atas wakil Jerman itu. Jumlah gol itu merupakan rekor baru di Liga Champions.
  15. Ichsan Hari Kurniawan
    Ichsan Hari Kurniawan merupakan pemain muda kedua yang dimiliki Indonesia yang masuk daftar rekor pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan yakni mencetak 5 gol saat melawan Guam di ajang Kejuaraan babak kualifikasi AFC U-16 Grup G di tahun 2011
Chandra Ekajaya