Sunday, 24/9/2017 | 5:29 UTC+0

Johanes Chandra Ekajaya – Italia Mendekati 10 Besar, Indonesia Peringkat Ke-157

Johanes Chandra Ekajaya – Italia mulai merangkak mendekati posisi 10 besar daftar ranking FIFA. Dalam daftar terbaru yang dirilis induk sepak bola dunia tersebut, Kamis (23/10/2014), Azzurri naik dua peringkat sehingga kini berada di urutan ke-11.

johanes chandra ekajaya

Sebelumnya, Italia sempat terlempar ke peringkat ke-14, menyusul penampilan buruk mereka di putaran final Piala Dunia 2014. Dalam event empat tahunan tersebut, Italia langsung tersingkir di fase penyisihan grup setelah menelan kekalahan dari Kosta Rika dan Uruguay.

Setelah Antonio Conte ditunjuk menggantikan Cesare Prandelli yang dipecat usai Piala Dunia, performa Italia langsung meningkat drastis. Mereka terus mengoleksi kemenangan, termasuk atas Malta dan Azerbaijan pada bulan ini, sehingga Italia melewati posisi Swiss dan Cile yang berturut-turut ada di belakangnya. Jika Italia berhasil mengalahkan Kroasia dan Albania bulan depan, maka mereka dipastikan akan menembus posisi 10 besar pada akhir tahun.

Sementara itu, Jerman tetap berada di posisi teratas, meskipun juara dunia ini baru saja menelan hasil buruk di ajang kualifikasi Piala Eropa 2016. Argentina, Kolombia bertahan di peringkat kedua dan ketiga, sedangkan Belgia naik ke urutan keempat, menggeser Belanda.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Tim Merah-Putih jutru turun satu strip ke urutan ke-157, persis di bawah Malaysia. Baik Indonesia maupun Malaysia harus rela tergusur oleh melonjaknya peringkat Liechtenstein, yang naik 17 peringkat.

By :Johanes Chandra Ekajaya