Tuesday, 25/7/2017 | 6:51 UTC+0

Fakta Menarik Pekan 38 La Liga: Sejarah Baru Tercipta di Madrid

Johanes Chandra Ekajaya

Johanes Chandra Ekajaya – La Liga musim 2014-2015 resmi berakhir tadi malam. Barcelona keluar sebagai juara. Sejak pekan lalu Blaugrana sudah mengunci gelar juara, namun baru mendapatkan trofi di pekan terakhir saat berjumpa Deportivo La Coruna.

Johanes Chandra Ekajaya
Pekan terakhir La Liga ini menciptakan sejumlah catatan menarik. Bintang Barcelona Xavi Hernandez untuk terakhir kalinya bermain di La Liga. Xavi pamitan kepada publik Nou Camp karena akhir musim nanti akan meninggalkan Barcelona.

Playmaker andalan Barcelona itu akan mencoba peruntungan bermain di Qatar bersama Al Sadd. Sayangnya Barca gagal menang di laga pamungkas ini. Mereka dipaksa bermain imbang 2-2 meski sempat unggul dua gol lebih dulu.

Selain soal Xavi, pekan terakhir La Liga juga menghadirkan sejumlah fakta dan sejarah baru. Apa saja? simak ulasannya di halaman berikutnya dari Johanes Chandra Ekajaya :

1. Martin Odegaard melakukan debut profesional bersama Real Madrid saat melawan Getafe. Bocah Denmark itu menjadi pemain termuda yang pernah tampil bersama Madrid di La Liga pada usia 16 tahun, lima bulan dan enam hari.

2. Cristiano Ronaldo menjadi pemain Madrid pertama yang dua kali berturut-turut meraih gelar El Pichichi sejak Hugo Sanchez.

3. Baru pertama kali Madrid kebobolan tiga gol di babak pertama sejak melawan Barcelona di tahun 2009.

4. Berkat hat-trick ke gawang Getafe di laga pamungkas, Ronaldo total mencetak 48 gol di musim ini. Jumlah ini menjadi pencapaian terbaik Ronaldo dalam satu musim bersama Madrid.

5. Marcelo menjadi pemain belakang yang paling banyak membuat assists di La Liga musim ini dengan total tujuh kali.

6. Sedangkan gelar bek tersubur La Liga musim ini jadi milik bek Valencia Nicolas Otamendi dengan enam gol.

7. Musim ini Messi mencetak 56 gol dari 55 pertandingan resmi.

By : Johanes Chandra Ekajaya