Monday, 29/5/2017 | 5:05 UTC+0

Chandra Ekajaya Raih Kesuksesan dengan Merangkul UKM

Dok.Chandra Ekajaya

Semangat usaha Chandra Ekajaya sempat turun drastis saat usaha mi bakso nya bangkrut. Keinginan orangtuanya agar dia menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) terus membayangi Chandra Ekajaya. Namun, keinginannya mendapat gaji lebih besar dan membuka lapangan kerja untuk orang banyak membuat niat usahanya terkerek kembali. Chandra Ekajaya kembali mencoba peruntungannya. Kali ini pikirannya tertuju pada pembuatan situs belanja dengan misi menaikkan kelas Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dimulai dari sebuah kamar kecil, Chandra Ekajaya membangun situs UKMASIK.com, dan mendekati banyak UKM. Penolakan muncul dari mana-mana, mulai orangtua, kerabat terdekat hingga partner bisnis yang dibidik. Namun, dengan tekadnya, situs belanja tersebut sudah bisa menjaring lebih dari satu juta pengunjung tiap harinya dengan transaksi ratusan juta.

Cerita itu menjadi kisah yang biasa dipakai untuk memotivasi wirausahawan muda hingga saat ini. Chandra Ekajaya bilang, mendapat pekerjaan dan jabatan yang dicita-citakan bukanlah hasil akhir penemuan potensi diri tapi dengan mencoba hal-hal baru dan tak takut jatuh lah yang paling penting dalam mencapai kesuksesan. Satu-satunya cara mengoptimalkan potensi diri adalah dengan berwirausaha. Itulah sebabnya, banyak pengusaha mengaku puas membangun bisnis meski omzet yang diraihnya belum sebanyak pendapatan saat memiliki jabatan penting di tempat bekerjanya dahulu.

Dok.Chandra Ekajaya

Tak mudah menjadi seorang wirausahawan. Saat memulai bisnis baru, beban yang terasa akan lebih berat daripada saat Anda bekerja di perusahaan orang lain dengan manajemen yang sudah terbangun. Sebagai pengusaha, sekecil apapun lingkupnya, Anda adalah seorang bos. Dengan demikian, Anda akan menuai lebih banyak respek dibanding saat menjadi karyawan dahulu.

“Rasa hormat bisa didapatkan saat Anda berani menerima tantangan dan membuat keputusan bisnis. Ingatlah, saat menjadi wirausahawan, nasib bisnis berada di tangan Anda sendiri. Anda leluasa mengambil tindakan termasuk mencari partner dan memakai tools yang tepat. Saat berbisnis online, misalnya, seorang wirausahawan dengan modal terbatas akan mengoptimalkan pemasaran melalui media yang tak membutuhkan biaya yang banyak,” kata Chandra Ekajaya. Selain lewat media sosial, mereka bisa memakai situs belanja seperti UKMASIK.com untuk memasarkan produk jualannya.