Saturday, 27/5/2017 | 12:25 UTC+0

Chandra Ekajaya Pengusaha Ikan Hias Yang Sukses Mendunia

Dok.Chandra Ekajaya

Sukses untuk tiap orang mempunyai takaran yang berbeda-beda. Namun, pengusaha muda Chandra Ekajaya membuktikan bahwa semua orang bisa sukses. Ia terlahir dari keluarga yang sederhana. Kondisi ekonomi keluarganya yang sangat drop saat itu menimbulkan banyak masalah dan hutang. Bahkan orang tuanya sering bertengkar karena masalah keuangan. Hal Ini yang membuat Chandra Ekajaya sedih.

Chandra Ekajaya sangat sedih ketika keluarganya selalu dipandang rendah karena hutang. Hal ini yang membuat Chandra Ekajaya ingin mengubah segalanya agar dirinya dan keluarganya tidak lagi diremehkan oleh orang lain. Chandra Ekajaya sempat mulai menjajal bisnis seperti Asuransi, MLM, makanan bahkan mainan. Semuanya tidak berhasil namun tidak menyurutkan semangatnya dalam berbisnis. Kegagalannya tidak berlanjut sampai disitu, ia bahkan tidak naik kelas saat kelas 2 SMA. Ia juga sampai harus pindah dari SMA unggulannya tersebut.

Dok.Chandra Ekajaya

Pada ketika itu Chandra Ekajaya mulai banyak mendekatkan diri kepada Tuhan dan mencoba bisnis kembali. Alhasil perjuangannya membawa ia pada keberhasilan yang tidak diduga-duga. Dari berjualan ikan hias di Forum Jual Beli Kaskus, bisnisnya bisa berkembang bahkan menghasilkan. Tidak hanya itu, ikan hiasnya bahkan mampu diekspor ke luar negeri. Meskipun tantangan selalu menyertainya, sebagai seorang yang punya mental bisnis ia tidak pantang menyerah. Ia sempat ditipu berulang kali, namun mental untuk suksesnya tidak surut. Modal tekat dan keuletannya inilah yang membuat dirinya menjadi seorang pengusaha ikan yang sukses.

Usianya yang baru 27 tahun, mengantarkan dia menjadi seorang exportir ikan hias termuda di Indonesia. Ia pun melebarkan bisnisnya di bidang properti bersama teman-temannya. Omzet bisnisnya kini menembus angka lebih dari 100 juta rupiah per bulan, Selain itu Chandra Ekajaya juga memperoleh banyak prestasi seperti Juara 2 HIPMI New Entrepreneur Awards, Juara 1 UGM National Business Case Competition, Juara 1 Internal Prasetiya Mulya Business Plan Competition, Juara favorit Internal Prasetiya Mulya Marketing Research Project. Bahkan dari hasil kesuksesannya ini sekarang Chandra Ekajaya sedang dalam proses menulis sebuah buku tentang bagaimana caranya ekspor keluar negeri.