Monday, 29/5/2017 | 3:06 UTC+0

Cara Mendidik Anak di Era Modern

Cara Mendidik Anak di Era Modern

Baiklah disini kami akan memberikan cara mendidik anak di era modern seperti ini , Di era modern ini tentunya orang tua juga harus menerapkan gaya pendidikan baru. Sebab, bagaimanapun juga informasi saat ini sudah sangat deras. Banyak budaya-budaya luar masuk tanpa ada saringan sedikitpun. Hal ini membuat orang tua harus waspada dan menyiapkan strategi baru demi menghalau budaya negatif tersebut.

Cara Mendidik Anak di Era Modern

Cara Mendidik Anak di Era Modern

Sebagai pakar konsultasi anak, Yohanes Chandra Ekajaya memberikan berbagai tips-tips jitu agar para orang tua bisa mendidik anaknya di zaman modern ini. Yang paling terpenting, jangan sampai membuat anak menjadi stress dan depresi. Namun jangan juga membuat anak terlalu manja. Sebab hal tersebut tidak baik untuk perkembangan mental mereka.

Sesibuk apapun orang tua di zaman modern ini, orang tua wajib menyediakan waktu yang banyak untuk anak-anaknya. Waktu luang tersebut dapat dimanfaatkan untuk komunikasi dan membahas berbagai permasalahan yang dialami sang anak. Hal ini sangat penting agar anak merasa orang tua hadir di kehidupan sehari-harinya.

Menurut kami, setiap anak juga seharusnya tidak diberikan beban terlalu berat atas tugas-tugasnya. Mereka juga butuh waktu luang untuk menyalurkan hobinya ataupun sekedar untuk beristirahat. Jangan mengikuti cara orang tua zaman dahulu. Mereka tidak memberikan waktu dan kesempatan sama sekali kepada anak untuk berkembang.

Selain jangan diberikan beban yang berat, setiap anak juga jangan terlalu dituntut menjadi apa yang orang tua inginkan. Misalkan saat sang anak tidak mendapatkan nilai bagus dalam ujian, orang tua harusnya berperan untuk memberikan motivasi lebih bukannya menuntut untuk memperbaiki nilai ujiannya. Sebab bagaimanapun juga mereka butuh motivasi dan juga peran orang tua dikehidupannya.

Anak juga memiliki perasaan. Jadi menurut Yohanes Chandra Ekajaya berhentilah membanding-bandingkan anak kalian dengan saudara, teman, ataupun orang lain. Mereka juga ingin merasa dibanggakan oleh para orang tua. Terlebih lagi, para orang tua juga harus tau jika setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pantau dan latihlah kemampuan sang anak. Jangan membeda-bedakan dengan anak lain!

Setiap anak yang telah berhasil meraih prestasi, pastinya mereka sering kali memberikan berbagai hadiah sebagai bentuk apresiasi atas apa yang mereka raih. Dalam pemberian apresiasi ini tentunya orang tua harus lebih hati-hati. hal tersebut bisa menghasilkan anak dengan mental manja. Mereka nantinya cepat puas dengan apa yang sudah diraih.

inti dari tulisan kami hari ini ialah rajin-rajinlah berkomunikasi dengan anak. Dengan begitu anak akan merasakan kehangatan sebuah keluarga dengan hadirnya orang tua disetiap masalah. Selain itu, jangan pernah menghakimi kesalahan sang anak sebelum berkaca dengan diri orang tuanya sendiri. Bagaimanapun semua pastinya akan berhubungan erat. Jangan pernah menunjuk kesalahan anak, tapi menyesalah karena salah mendidik anak.

Namun orang tua juga harus tetap hati-hati. Apalagi ketika memberikan hadiah karena archievment yang telah anak raih. Boleh saja memberikan hadiah namun jangan berlebihan. Sebab hal tersebut bisa mengganggu motivasi anak dalam belajar ataupun mengembangkan prestasinya. intinya setiap anak harus diberi motivasi lebih dan juga orang tua harus hadir di setiap masalah yang mereka alami.

Well, mudah-mudahan informasi dari Yohanes Chandra Ekajaya ini bermanfaat untuk kalian terutama dalam mendidik anak di era modern seperti saat ini. Sebab bagaimanapun juga era modern ini sangat menakutkan. Jika salah-salah mendidik anak, merekapun akan terjerumus ke hal-hal yang berbau negatif.

jangan lupa like facebook kami yaah yohaneschandraeka