Friday, 18/8/2017 | 11:53 UTC+0

Berpenghasilan 4,5 juta Pegawai Tak Perlu Bayar Pajak

Berpenghasilan 4,5 juta Pegawai Tak Perlu Bayar Pajak
Berpenghasilan 4,5 juta, Pegawai Tak Perlu Bayar Pajak

Berpenghasilan 4,5 juta Pegawai Tak Perlu Bayar Pajak

Berpenghasilan 4,5 juta Pegawai Tak Perlu Bayar Pajak. Untuk pegawai ataupun karyawan kantor yang berpenghasilan 4,5 juta per bulan tak perlu khawatir, kini pemerintah dan kementrian keuangan menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) yang semulanya sebesar 36 juta pertahun atau 3 juta perbulan menjadi 4,5 juta per bulan. Berarti, pegawai yang memiliki penghasilan 4,5 juta tidak perlu membayar pajak.

Ditemui di kantor pusat DJP, Jakarta, oleh Johanes Chandra Ekajaya, Selasa (30/8/2016) Dirjen Pajak, Ken Dwijugiasteadi membenarkan perilah kenaikan PTKP tersebut. Ken mengatakan bahwa pegawai yang hanya berpenghasilan 4,5 juta tak usah membayar pajak penghasilan (PPh).

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan kepada Johanes Chandra Ekajaya, menaikkan nilai PTKP bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan untuk memajukan ekonomi negara yang semakin melemah.

Masyarakat yang berpenghasilan 4,5 juta tidak diwajibkan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan kepada pemerintah dan dihimbau tidak usah memikirkan Tax Amnesty atau Amnesti Pajak.

Seperti yang dilansir oleh Chandra Ekajaya, dengan menaikkan nilai PTKP, negara dipastikan mengalami penurunan pemasukkan pajak. Dirjen Pajak mengatakan bahwa akan menutupi kekurangan pajak tersebut melalui pemeriksaan yang lebih banyak terhadap wajib pajak sebab masih banyak dana yang tidak masuk dari wajib pajak itu.