Friday, 17/11/2017 | 5:24 UTC+0

Johannes Chandra Ekajaya –7 Tips untuk Mengamankan iPhone Anda dari Hacker

yohanes chandra ekajaya
Johannes Chandra Ekajaya – Bagi kebanyakan pengguna smartphone, iPhone merupakan gadget yang sangat diidam-idamkan untuk dimiliki. Namun karena harganya yang mahal, seringkali kita tidak mampu untuk membelinya. Namun tidak sedikit saat ini yang menggunakan gadget buatan Apple tersebut.
iPhoneBerbagai fitur ciamik memang dimiliki oleh iPhone, namun soal keamanan, ponsel pintar ini sama dengan yang lainnya, rentan untuk dibajak. Untuk itu, kita harus mengamankan iPhone kita, terlebih jika terdapat berbagai dokumen penting yang ada di dalamnya.

Berikut tujuh tips yang mungkin bisa berguna bagi Anda pemilik iPhone:

1. Gunakan PIN atau sidik jari keamanan

Semua hal-hal sekarang ini bisa kita lakukan dengan menggunakan smartphone, baik untuk membalas email, transaksi perbankan, browsing, hingga belanja online, dan itu sangat berbahaya jika kita meninggalkan smartphone kita di mana saja. Mengunci layar akan melindungi data sensitif dari campur tangan orang lain. Untuk itu hidupkan PIN numerik atau scanning sidik jari, dan jangan gunakan PIN yang mudah ditebak.

2. Gunakan kalimat
Jika Anda menginginkan keamanan lebih dari empat digit PIN, Anda dapat memilih sebagai gantinya adalah passphrase. Untuk melakukannya, pergi ke pengaturan Anda, klik “Sentuh ID & Passcode” dan mengubah “Passcode Simple” menjadi off. Ini memungkinkan Anda untuk membuat kode akses yang lebih panjang dan lebih kompleks dengan huruf besar dan huruf kecil, angka dan simbol lainnya.

3. Self destruct
Jika Anda serius ingin menghentikan penyusup saat mengambil alih ponsel Anda, maka Anda dapat memberitahu telepon untuk menghapus semua data. Di dalam halaman yang sama pada pengaturan, Anda dapat mengaktifkan fitur “erase data,” ini akan menghapus semua data ketika sepuluh kali memasukkan PIN yang salah.

4. Pengaturan Privasi
Anda memiliki puluhan aplikasi yang terinstal pada ponsel, dan semuanya memiliki akses ke berbagai fitur atau data pada ponsel Anda: beberapa dapat menggunakan kamera, mikrofon, bahkan mungkin bisa melihat foto-foto Anda. Anda akan harus memberi aplikasi tersebut izin untuk melakukan hal ini. Pergilah ke pengaturan, kemudian klik “privacy”. Di sini Anda akan dapat memilih aplikasi mana yang memiliki hak istimewa ke dalam data.

5. Matikan pemberitahuan
Kemampuan untuk melihat ringkasan pemberitahuan pada layar kunci memang sangat berguna, tetapi itu juga memberikan data pribadi dan rahasia. Ingat, notifikasi atau pemberitahuan akan menampilkan isi dari pesan yang Anda terima, dan berbagai hal lainnya.

6. Nonaktifkan Siri
Sama seperti dengan pemberitahuan, Siri bisa membocorkan data, bahkan ketika ponsel Anda terkunci. Seorang hacker bisa menemukan telepon Anda yang tanpa pengawasan, dan dapat memintanya berbagai pertanyaan yang bisa mengungkapkan informasi pribadi. Untuk menonaktifkannya, pergi ke pengaturan, kemudian “Sentuh ID & passcode” dan atur “allow access when locked” on Siri to off.

7. Ketik sendiri
AutoFill adalah fitur berguna, setiap kali Safari melihat sebuah kotak yang meminta nama, username, password atau rincian kartu kredit, dan ini mengisi otomatis untuk Anda. Fitur ini tentu sangat baik, kecuali saat orang lain menggunakan ponsel Anda itu bisa berbahaya. Untuk mematikannya, masuk ke pengaturan, lalu klik ”

oleh Johannes Chandra Ekajaya