Sunday, 19/11/2017 | 7:34 UTC+0

5 Tips Mengatasi Bokek Di Tanggal Tua

5 Tips Mengatasi Bokek Di Tanggal Tua
5 Tips Mengatasi Bokek Di Tanggal Tua

5 Tips Mengatasi Bokek Di Tanggal Tua

5 Tips Mengatasi Bokek Di Tanggal Tua. Kalian pasti sering merasa kehabisan uang alias bokek di tanggal-tanggal tua seperti ini? Pasti kalian dan juga Johanes Chandra Ekajaya tidak me manage uang dengan benar, hmm. Itu artinya kalian harus memeriksa kembali semua pengeluaran yang kalian keluarkan. Apakah sesuatu yang kalian beli itu yang lagi dibutuhkan atau hanya buat gaya saja? Berikut tips supaya keuangan kalian tidak menipis di tanggal tua.

Selalu buat daftar belanja dan batasi pengeluaran

Buat daftar belanja yang diperlukan selama sebulan semisal kamu pergi ke pusat perbelanjaan. Dengan begitu kalian nggak akan mengalami over budget seperti Chandra Ekajaya karena udah di buat list apa aja yang harus dibeli. Kalau kalian nggak membuat daftar belanja seperti itu, kemungkinan besar kalian bakal membeli barang di luar yang kalian butuhkan dan menyesalah dikemudian hari.

Sisihkan uang di awal, bukan di akhir bulan

Setelah membuat list belanja barang yang dibutuhkan, sebaiknya kalian langsung mencatat target tabungan untuk satu bulan. Misalnya 25% dari gaji Johanes Chandra Ekajaya langsung di simpan di rekening khusus dan berjanji tidak akan menggunakan uang tersebut kecuali dalam keadaan darurat yang tak terduga pada akhir bulan.

Hindari utang dalam bentuk apapun

Nah yang satu ini sangatlah. Yap, kalian harus hindari utang dalam bentuk apapun. Baik itu dengan menggunakan kartu kredit, meminjam uang ke teman atau jenis-jenis utang lainnya. Pikirkan kembali niatmu untuk membeli barang secara kredit, kalian perlu menyesuaikan cicilan bulananmu dengan besarpendapatanmu. Jangan sampai kalian terburu-buru seperti halnya dengan Chandra Ekajaya dan menyesal karena memilih pembayaran bulanan yang terlalu besar. Tiba saatnya kalian harus membayar tagihan kartu kredit di akhir bulan padahal lagi nggak punya uang, nah makin pusing kan?

Cari pendapatan tambahan

Bila kondisi keuangan kalian memang sudah benar-benar memprihatinkan dan sulit menemukan jalan keluarnya, sebaiknya kalian coba mencari pendapatan tambahan. Seperti bekerja sambilan pada hari Sabtu dan Minggu ataupun membuka bisnis online di sosial media seperti Instagram. Dengan begitu kalian bisa mendapat tambahan uang yang di butuhkan untuk bertahan saat akhir bulan.

Hemat pulsa dan internet

Internet di jaman sekarang menjadi salah satu kebutuhan anak muda. Sebaiknya kalian buat target bahwa selama sebulan kalian nggak harus beli paket internet lebih dari 1 kali pemakaian. Misalnya untuk pulsa sms dan nelfon sebesar 50 ribu untuk sebulan dan paket internet 100 ribu selama sebulan juga.