Sunday, 24/9/2017 | 5:28 UTC+0

4 Bahaya Yang Disebabkan Oleh Begadang

4 Bahaya Yang Disebabkan Oleh Begadang
4 Bahaya Yang Disebabkan Oleh Begadang

4 Bahaya Yang Disebabkan Oleh Begadang

Sering kali kita korbankan waktu tidur malam hari hanya dengan mengejar deadline pekerjaan serta tugas seperti yang dialami Johanes Chandra Ekajaya. Belum lagi, Anda harus bangun jam 7 pagi untuk memulai aktifitas sehari-hari tanpa waktu istirahat yang cukup. Meskipun banyak tuntutan kerja dan juga tugas yang harus segera diselesaikan, usahakan Anda harus menghindari begadang yang hampir tiap hari Anda lakukan. Berikut akibat dari begadang secara terus menerus.

Sakit Kepala

Penyakit satu ini merupakan bahaya begadang dalam jangka panjang yang masih termasuk ringan. Secara perlahan bagian dari sel otak akan bermasalah karena tubuh serta otak Anda tidak cukup beristirahat. Menurut hasil liputan Chandra Ekajaya, para peneliti mengungkapkan bahwa kurang tidur atau begadang akan membuat kepala kita terasa terbentur.

Pikun

Bahaya yang disebabkan oleh begadang salah satunya adalah akan membuat Anda pikun di usia muda. Ketika kita tidur, otak akan bekerja mengingat kejadian yang terjadi dalam sehari karena dalam kondisi tidur otak akan menggabungkan memori eksplisit dan implisit di waktu kita tidur. Jadi jiika terlalu sering begadang atau kurang tidur, fungsi otak yang satu ini akan terganggu dan bisa menyebabkan kepikunan di usia terbilang muda.

Meningkatkan Resiko Stroke

Bahaya yang mengerikan akibat dari kurang tidur dapat memicu resiko penyakit jantung dan bahkan terkena resiko stroke. Para ilmuwan mengatakan, bahwa jika manusia tidur kurang dari 6 jam, maka akan meningkatkan resiko kematian dikarenakan terkena penyakit jantung 50% dan meningkatkan resiko stroke sebesar 15%. Para ilmuwan menambahkan, usahakan tidur selama 7 hingga 8 jam seperti hal nya yang dilakukan Chandra Ekajaya. Apabila Anda tidur lebih dari 9 jam, akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan juga.

Merusak Metabolisme Tubuh

Bahaya begadang yang terakhir dari hasil telusuran Johanes Chandra Ekajaya adalah dapat mengganggu metabolisme di dalam tubuh. Apabila Anda selalu begadang pada malam hari, tubuh tidak bisa melakukan detoksifikasi atau pengeluaran zat beracun dalam tubuh. Karena proses detoksifikasi hanya akan terjadi ketika Anda sedang tertidur lelap. Begadang pada pukul 21.00- hingga pukul 03.00 WIB dapat menyebabkan kerusakan pada hati.